Oleh: marsudi1924 | 11 Maret 2011

Kisah Teladan Khalifah Umar Ibnu Khattab Saat Menjadi pemimpin

Siapakah antara kaum muslimin yang tidak mengagumi keadilan dan mendalamnya rasa prikemanusiaan Khalifah Umar Ibnu Khattab. Dialah pemerintah yang teragung yang pernah memerintah sebahagian dari bumi Allah s.w.t. yang terentang dari Mesir hingga keperbatasan negeri India.

Suatu riwayat menyebutkan ketika baginda berjalan memasuki pasar untuk melihat keadaan umat baginda, lalu beliau bertembung dengan seorang tua yang telah bongkok, jalan bertongkat dan sangat susah untuk mengatur langkah. Orang tua itu menadahkan tangannya sambil meminta sedekah. Melihat keadaan ini Khalifah Umar r.a. pun bertanya: “Mengapa sampai begini keadaanmu wahai orang tua?” Maka jawab orang tua itu: “Saya mengumpulkan wang buat bayar jizyah, tuan.” Dari ucapan itu tahulah Umar dia bukanlah beragama Islam tetapi seorang ahli kitab.

“Tidak, mulai hari ini engkau mestilah berhenti dari meminta-minta.” Kata Umar r.a. Lalu baginda menoleh kepada pengiringnya seraya berkata: “Hari mudanya telah digunakan segala tenaga untuk memikul tanggungjawab, setelah tua kita biarkan sahaja, ini tidak adil. Mulai hari ini potong namanya dari senarai orang yang wajib membayar jizyah dan masukkan namanya dalam daftar orang tua yang berhak menerima bantuan dari Baitul Mal setiap bulan.” Demikian satu contoh dari pemerintah yang agung menjadi kekaguman hingga ke hari ini.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: